Tips Mengatasi Kecemasan Ditengah Wabah Corona

Smart Palembang – Penyebaran wabah virus corona masih meresahkan dunia. Di Indonesia, data terakhir, Kamis (09/04) tercatat 3.000 lebih masyarakat dengan kasus positif terinfeksi virus corona jenis baru penyebab Covid-19 ini.

Virus corona mewabah sejak akhir Desember 2019 di Kota Wuhan, Hubei, China, hingga akhirnya meluas ke banyak negara.

Situasi ini tentunya menimbulkan kekhawatiran, tak jarang membuat masyarakat panik. Lantas, bagaimana agar tak panik tetapi tetap waspada menghadapi ancaman wabah virus corona ?

Psikolog Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang, Renny Permataria S.Psi mengungkapkan, kepanikan yang oleh sebagian masyarakat akibat dampak menyebar luasnya virus corona saat ini adalah sesuatu yang wajar.

“Kecemasan masyarakat ditengah wabah virus corona saat ini adalah hal yang wajar, karena kecemasan tersebut merupakan respon diri terhadap apa yang dirasakan,” ungkapnya saat diwawancarai Tim Smart FM Palembang, Kamis (09/04) kemarin.

Ia mengatakan, setiap individu memiliki penerimaan yang berbeda-beda dalam menyikapi suatu kejadian. Ada yang menyikapinya dengan biasa saja, adapun yang menyikapinya secara berlebihan atau penuh kecemasan.

Meskipun demikian, lanjut Renny, hal terpenting yang saat ini dilakukan adalah mengelola kecemasan tersebut secara bijak dan benar.

“Hal terpenting dilakukan dalam mengelola kecemasan supaya tidak timbul, diantaranya menghindari pemicu yang membuat psikis menjadi tak nyaman, membiasakan pola hidup sehat dengan berolahraga dan konsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan serta menjaga psikis supaya tetap berfikiran positif,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Renny, upaya yang harus dilakukan supaya terhindar dari kepanikan akibat wabah virus corona saat ini ialah dengan melakukan relaksasi ringan dengan menarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan secara perlahan (beberapa kali) sampai merasa nyaman.

“Dengan demikian, kita akan merasakan sehat fisik dan psikis yang dapat membantu daya tahan tubuh menjadi kuat, sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit,” tutupnya.

 

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Koleksi Pribadi



Leave a Reply