Tiket Pesawat Melonjak, Dispar Palembang : Tsunami Bagi Pariwisata

Smart Palembang – Melonjaknya tarif tiket pesawat terbang yang saat ini tengah marak diperbincangkan, mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kota Palembang.

Dampak dari tingginya harga tiket tersebut tentu dapat menyebabkan penurunan jumlah penumpang bahkan penurunan pendapatan dari berbagai sektor khususnya sektor pariwisata.

Menanggapi hal ini, Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, bahwa hal ini sangat berpengaruh besar terhadap berbagai sektor di Kota Palembang khususnya sektor pariwisata yang dalam hal ini paling terdampak.

“Tentu dengan tingginya harga tiket pesawat ini dapat dikatakan tsunami bagi sektor pariwisata, karena dampak yang paling dirasakan berada di sektor pariwisata,” katanya usai menghadiri rapat persiapan APEKSI 2019 di Ruang Rapat Setda II Kota Palembang, Kamis (16/05).

Isnaini menjelaskan, naiknya tarif pesawat ini akan berpengaruh siginifikan terhadap target masuknya wisatawan ke Indonesia bahkan wisatawan domestik yang ingin berkunjung ke Palembang.

“Saat ini sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penyumbang PAD terbesar di Palembang berkat jumlah devisa yang dihasilkan, namun apabila tarik pesawat naik maka akan banyak devisa yang terlepas,” jelasnya.

Isnaini berharap akan ada langkah konkrit, nyata dan cepat dari Pemerintah untuk mengatasi permasalahan ini.

“Kami juga yakin saat ini Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan sedang berupaya mencari solusi. Kita harap ini tidak hanya menjadi tugas sektor pariwisata dan perhubungan saja, namun seluruh sektor juga mesti bersinergi mencari jalan keluarnya,” tutupnya.



Leave a Reply