Tidak Lama Lagi Warga 5 Ulu Akan Menikmati Jargas Rumah Tangga

Smart Palembang – Hari ini sambungan antara Regulating Station (RS), MRS (Metering Regulator Stasiun), dengan pipa sambungan di rumah telah terhubung. Hal ini dilakukan setelah sebelumnya ada penambahan waktu dalam pengerjaan Jaringan Gas rumah di wilayah Seberang Ulu.

“Selama 2 minggu kita sudah dikasih waktu untuk pendistribusian gas nya. Setelah proses GAS-IN ini selesai, jargas ini akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada bulan Maret mendatang. Kita dalam proses GAS-IN nya kita pantau terus, apakah warga sudah merasa nyaman atau belum,” kata Alimuddin Basro selaku Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Jargas, ketika memantau Regulating Station di Kelurahan 5 Ulu lorong Mufakat Samping Kantor Lurah 5 Ulu, Kamis (21/02).

Sementara itu, Kepala Bagian Pembangunan Zuriyati SE. MM menjelaskan, bahwa hal ini sesuai dengan proyek nasional yakni proyek Nawacita selama 5 tahun yang diberikan khusus kepada masyarakat menengah kebawah.

“Pemasangan ini gratis namun untuk pemakaian harus bayar tiap bulan. Kita lihat, jika gas 12 kilo rata-rata setiap rumah menghabiskan 2 tabung, artinya biaya dikeluarkan hanya untuk tabung gas adalah Rp300 ribu. Sementara untuk gas alam, cobalah masak sepuasnya paling boros 15 kubiklah selama satu bulan, paling hanya menelan biaya Rp60 ribu,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Camat Seberang Ulu 1 melalui Kasi Pelayanan Umum Helmi Somad mengakui bahwa pihaknya telah memerintahkan kepada kelurahan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerahnya sebelum berlangsungnya pembangunan jargas ini.

“Kita sudah sosialisasikan ini ke masyarakat melalui pihak kelurahan disekitaran SU 1, dan kita lihat respon dari masyarakat sangat antusias. Malahan mereka minta tambah lagi dan untuk sementara akan kita usulkan ke Pemerintah Kota,” katanya.

Ditempat yang sama Lurah 5 Ulu Istighfar Cholik menambahkan jika warganya sangat menanti bantuan seperti ini, karena dampaknya sangat besar bagi penekanan biaya pengeluaran dapur.

“Ada 1.044 KK yang sudah mendaftar ditahun 2018, alhamdulilah sebentar lagi warga akan benar merasakan manfaatnya. Bahkan baru-baru ini, ada yang ingin mendaftarkan namanya sebagai calon pelanggan, menandakan antusias masyarakat akan bantuan ini sangat besar,” tutupnya.



Leave a Reply