Tebar 9000 Benih Ikan, Pemkot Palembang Himbau Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai

Smart Palembang – Pemerintah Kota Palembang bersama Komunitas Peduli Sungai dan Peduli Banjir menebar 9000 benih ikan patin di sekitaran Sungai Musi, Kamis (12/12).

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kota Palembang dalam rangka melestarikan ekosistem ikan di Kota Palembang mengingat saat ini ekosistem ikan terancam berkurang.

“Saat ini kita melihat ketersediaan ikan gabus, patin dan belido sudah semakin berkurang, hal ini tentu menyulitkan para nelayan yang ada di Kota Palembang,” ungkap Fitri.

Ia menambahkan, berdasarkan informasi yang didapat dari komunitas pengusaha ikan di Palembang bahwa saat ini ketersediaan ikan gabus justru didapat dari luar kota Palembang.

“Hal ini tentunya sangat memprihatinkan, untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat Palembang beserta stakeholder terkait untuk lebih mencintai dan melestarikan kegiatan menebar benih ikan ini agar ekosistem ikan di Palembang lebih terjaga dan dapat dinikmati generasi yang akan datang,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Fitri, pihaknya bersama petugas pengamanan sungai dalam hal ini polisi air juga terus melakukan pengawasan terhadap para nelayan yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

“Kita himbau kepada para penangkap ikan supaya tidak melakukan penangkapan dengan cara ilegal seperti menggunakan penyetrum dan racun karena dampaknya sangat fatal,” tutupnya.



Leave a Reply