Tahun 2020 Mendatang, BPS Kota Palembang Akan Terapkan Sensus Online

Smart Palembang – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palembang pada tahun 2020 mendatang akan memperkenalkan inovasi terbaru dalam melakukan pendataan yakni Sensus Online (sensus.bps.go.id).

Hal ini diungkapkan Kepala BPS Kota Palembang Taupiq Hidayat usai melakukan Focus Group Discussion bersama Kementerian Sosial Republik Indonesia di Balai Kota Pemerintahan Kota Palembang, Senin (26/08).

Taupiq menjelaskan, sensus yang akan dilakukan pada tahun 2020 ini nanti tentunya berbeda dengan sensus-sensus tahun sebelumnya.

“Dalam penerapannya, masyarakat yang mengikuti prosedur sensus online ini akan megupdate data-data yang ada di KTP atau KK mereka apabila sewaktu-waktu ada perubahan, sehingga kedepannya saat tim BPS turun ke lapangan nanti dalam melakukan sensus, tim kami tinggal menyesuaikan data yang sudah di update oleh masyarakat,” ungkap Taupiq.

Sejauh ini, lanjut Taupiq, BPS pusat juga sudah melakukan sosialisasi aplikasi ini di beberapa wilayah di Indonesia.

“Kita sudah melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan aplikasi ini, dan kami harapkan Pemda, Camat, Lurah hingga RT dapat membantu dalam memperkenalkan inovasi ini kepada masyarakat, mengingat masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui fungsi aplikasi ini,” katanya.

Taupiq menambahkan, Sensus online ini sendiri akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2020 mendatang atau bertepatan sebelum pendataan door to door yang berlangsung pada bulan Juli tahun 2020.

“Jadi pada bulan Februari tahun 2020 nanti kami menghimbau masyarakat untuk dapat mengupdate data sendiri melalui aplikasi yang disediakan BPS,” tutupnya.



Leave a Reply