Sertijab Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan

Smart Palembang – Upacara serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia provinsi Sumatera Selatan dilangsungkan di gedung serba guna lantai empat Bank Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Selatan pada Kamis (10/01/2019) di Jl.Jend.Sudirman No.510 Palembang. Serah terima jabatan ini disaksikan oleh Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia.Dalam sambutan sertijab tersebut, Perry mengatakan Yunita memiliki pengalaman di bidang UMKM karena sebelum menjabat sebagai Kepala Kantor BI Perwakilan Sumatera Selatan,Yunita Resmi Sari menjabat sebagai Direktur Pengembangan UMKM di Bank Indonesia Pusat.Dalam sambutanya Perry Warjiyo mengatakan ,Yunita akan mengembangkan UMKM Sumatera Selatan, serta dengan sentuhan keibuannya juga bisa membawa berkah bagi perkembangan ekonomi dan keuangan Sumatera Selatan.
Wawancara bersama awak media, seusai acara sertijab tersebut, Perry Warjiyo mengatakan, dengan resminya Yunita Resmi Sari menjabat sebagai kepala BI Perwakilan Sumatera Selatan mengharapkan tidak hanya sektor UMKM yang terus dikembangkan tetapi bersama pemerintah provinsi, pemerintah kota dan kabubaten bisa memajukan perekonomian pemerintah Sumatera Selatan. Secara keseluruhan, BI melihat perekonomian di 2019 akan lebih baik dibandingkan 2018, indikatornya adalah pertumbuhan ekonomi nasional dengan kisaran 5 – 5,4 % atau dengan titik tengah 5,2 % lebih tinggi dibandingkan di 2018 sekitar 5.1 % . Perekonomian Indonesia kuat salah satunya ialah didukung oleh konsumsi rumah tangga kuat, secara nasional sekitar 5,2 %, dan investasi mencapai 70 %. Perry juga mengatakan yang perlu dilakukan adalah mendorong tumbuhnya ekspor dan mengurangi impor. Perekomonian Sumatera Selatan cukup baik, pada triwulan III/2018,pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan mencapai 6.14 % atau melampaui nasional sebesar 5.1%.
Sementara itu Yunita Resmi Sari dalam keterangan persnya, dalam perkembangan selanjutnya berdasarkan arahan dari gubernur BI dan gubernur Sumatera Selatan, perlunya sinergi antara BI dengan pemerintah daerah dan juga instasi terkait lainya sehingga bersama – sama dapat memajukan perekonomian Sumatera Selatan. Yunita memohon untuk dukungan kepada warga Sumatera Selatan termasuk awak media secara bersama – sama dapat membangun perekonomian Sumatera Selatan sesuai dengan porsi dan kontribusinya masing – masing. Yunita menambahkan pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan di triwulan III/2018 melebihi pertumbuhan nasional maupun seluruh Sumatera, sementara inflasi lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional maupun di seluruh Sumatera, hal inilah yang menjadi potensi dan modal bagi Sumatera Selatan untuk memajukan perekonomian yang terdepan. Mengenai UMKM, Yunita mengatakan, khususnya di provinsi Sumatera Selatan, UMKN di Sumatera Selatan ada yang menjadi proyek percontohan nasional dan akan ditingkatkan ke kancah international dan dapat masuk ke pasar global. Komoditi UMKM di Sumatera Selatan mempunyai kesamaan selera masyarakat dunia seperti Asia Selatan termasuk Malaysia. Target UMKM Sumatera Selatan adalah export, Yunita mencontohkan komoditi UMKM yang belum dimaksimalkan adalah kopi, karena luas lahan kopi terbesar adalah di Sumatera Selatan .



Leave a Reply