Satukan Perangkat Daerah, Pemprov Sumsel Wujudkan Program Sumsel Satu Data

Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang diwakili Asisten Bidang Umum dan Administrasi Prof. Edwar Juliartha membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Statistik, Rakorda dan Pengukuhan Pengurus Bakohumas serta Rakorda PPID se Sumsel di Ballroom Grand Atyasa, Rabu (13/11).

Kadis Kominfo Prov Sumsel H. Achmad Rizwan, SSTP, MM mengatakan Kegiatan ini dilakukan untuk menyatukan perangkat daerah untuk Program Sumsel Satu Data dalam rangka mendukung Program Gubernur Sumsel H. Herman Deru – Wagub Sumsel H.Mawardi Yahya.

“Hal ini sesuai dengan visi Sumsel Maju Untuk Semua, Peserta kegiatan ini berasal OPD Pemprov Sumsel, BUMN/BUMD , Serta 17 Diskominfo Kab/Kota Se Sumsel,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini Rizwan juga mensosialisasikan Kejuaraan Boling Dunia ke 55 yang akan dilaksanakan pada Tgln16-24 November 2019 di Bowling Centre Jakabaring Sport City Palembang- Sumsel, diikuti 77 Negara peserta.

Selanjutnya dilakukan Pengukuhan Bakohumas Prov. Sumsel oleh Gubernur Sumsel H.Herman Deru yang diwakili Asisten Bidang Administrasi dan Umum, Prof. Edward Juliartha.
Anggota Bakohumas terdiri dari Bidang humas atau yang membidangi kehumasan Baik Instansi Pemerintahan, BUMD, BUMN di Sumsel.

Gubernur Sumsel H.Herman Deru diwakili Asisten Bidang Administrasi dan Umum, Prof. Edward Juliartha dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang berlangsung saat ini.

“Seperti yang kita tahu, saat ini berbagai program kegiatan Provinsi Sumsel telah dilaksanakan antara lain perbaikan Infrastruktur Jalan Provinsi, Bantuan perbaikan Infrastruktur Jalan di Kab/Kota dan Launching Internet Desa dan Web Desa yang telah berlangsung beberapa hari lalu,” katanya.

Terkait pengukuhan Bakohumas, Edwar menjelaskan bahwa keberhasilan suatu organisasi terletak dari manajemennya.

“Bagaimana manajemen berjalan dengan baik tentu dipengaruhi oleh kepemimpinan. Dalam konteks Sumsel Maju Untuk Semua, diperlukan koordinasi dan komunikasi yang seirama agar tujuan tersebut dapat tercapai,” tegasnya.

Begitu juga dengan peran Bakohumas lanjut Edwar, Provinsi Sumsel diharapkan dapat bekerjasama dalam melaksanakan berbagai program yang mendukung program Sumsel dengan berbagai cara, antara lain dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat, perbaikan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM.

“Peran Bakohumas dapat di maksimalkan dengan bekerjasama dengan Pemprov Sumsel sesuai tugas kewenangan masing-masing,” katanya.

Ditambahkan Edwar, dalam mendukung dan mempermudah terlaksananya semua program kegiatan tersebut diperlukan data yang tepat dan akurat serta satu pintu.

“Dalam mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua, kita juga memerlukan ketersediaan data. Saat ini Sumsel belum memiliki data base data yang dapat mencakup semua informasi yang dibutuhkan.Dengan memiliki data yang lengkap, terintegrasi dan terpusat akan mendukung proses pembangunan yang tepat dan terarah” jelasnya.

Acara ini juga dihadiri Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemkominfo RI, Selamatta Sembiring, Dosen Fisif Unsri DR. Ir. Abdul Najib, M.Si, Kepala BPS Sumsel Ir.Endang Tri Wahyuningsih.



Leave a Reply