Peringatan Hari Ginjal Sedunia, Siloam Sriwijaya Menjadi Tuan Rumah

Smart Palembang – 12 Maret menjadi hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day. Pada tahun ini RS Siloam Sriwjaya Palembang menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan puncak peringatan Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day di ballroom The ALTS Palembang pada Minggu 15 Maret 2020.

Peserta yang hadir dalam acara ini adalah pasien – pasien dengan penyakit ginjal yang rutin melakukan cuci darah dari berbagai rumah sakit Sesumbagsel yang memiliki unit Hemodialisa, dalam hal ini RS Siloam Sriwijaya juga mengundang keluarga pasien yang menjalani cuci darah dan juga mengundang perwakilan-perwakilan rumah sakit yang memiliki unit hemodialisa.

Direkur Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang , dr.Bona Fernando mengatakan tujuan diadakan acara ini antara lain untuk mempererat tali silaturahmi antar pasien dan berbagi pengalaman antar pasien. Dan ditahun 2020 ini Siloam Sriwijaya menjadi tuan rumah dan ditahun selanjutnya akan digilir rumah sakit lainnya

Acara peringatan Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney diisi dengan berbagai macam acara antara lain seminar kesehatan dengan nara sumber dr. Ian Effendi ,SpPD-KGH. FINASIM dengan judul materi komplikasi hemodialisa dan cara mengatasinya dan DR.dr. Zulkhair Ali, SpPD-KGH, FINASIM dengan judul materi pencegahan dan deteksi dini gagal ginjal .Acara seminar ini di moderatori oleh dr. Novadian, SpPD-KGH, FINASIM.

Perilaku hidup sehat  menjadi salah satu pokok dalam kualitas kesehatan.Penyakit ginjal bisa dicegah dengan misalnya dengan cara perilaku hidup sehat dan tidak mengkonsumsi makanan yang berlebihan karena jika berlebihan akan memperberat cara kerja pankreas dan selanjutnya akan mempengaruhi daya kerja ginjal hal ini yang disampaikan oleh dr.Ian selaku pemberi materi.

Penulis : Misdi Aditya

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

 

 



Leave a Reply