Pentingnya Mengedepankan Prinsip Disiplin Verifikasi di Era Jurnalisme Modern

Smart Palembang – Jurnalistik adalah salah satu ilmu yang berkaitan dengan penulisan berita baik di media cetak, elektronik, ataupun online. Seiring berkembangnya zaman, ilmu-ilmu jurnalistik juga semakin berkembang dikarenakan teknologi yang semakin canggih dan ketersediaan berbagai platform sebagai wadah jurnalis membagikan produk jurnalistik.

Meskipun demikian, Editor in Chief Intisari Grid.id, Mahandis Yoanata mengatakan, tantangan demi tantangan harus dihadapi oleh industri pers seiring dengan berkembangnya teknologi. Karena di era modern saat ini kebutuhan masyarakat akan informasi semakin meningkat pesat.

Namun, lanjut dia, hal ini justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum jurnalis yang tidak bertanggungjawab dan tidak memperhatikan kode etik jurnalistik dalam penyampaian dan penulisan berita.

“Karena kebutuhan masyarakat saat ini adalah informasi yang terupdate tanpa memperhatikan kebenaran berita tersebut, membuat sebagian oknum-oknum jurnalis lebih mementingkan kecepatan menyebarkan berita tanpa melakukan verifikasi terhadap berita tersebut,” katanya saat menjadi Pembicara di webinar Digital Content Magentic Network, Selasa (19/05) kemarin.

Menurutnya, hal ini sudah menyimpang dari prinsip jurnalisme yang seharusnya melakukan disiplin verifikasi terlebih dahulu sebelum menyebarkan informasi.

“Namun yang terjadi sekarang kita melihat informasinya disebarkan lebih dulu baru setelah itu di klarifikasi jika ada pihak yang keberatan,” tuturnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh jurnalis untuk tetap mengedepankan prinsip disiplin verifikasi di era jurnalisme modern saat ini supaya tidak melukai prinsip-prinsip jurnalisme.

 

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Kompas.com



Leave a Reply