Masjid-masjid di Kota Palembang Akan Terima Dana Hibah, Berikut Rinciannya

Smart Palembang – Pemerintah Kota Palembang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar Sosialisasi Hibah kepada rumah ibadah, majelis taklim dan lembaga keagamaan lainnya tingkat Kota Palembang tahun 2019 di Grand Duta Syariah, Senin (18/11).

Sosialisasi kali ini dihadiri kurang lebih 100 peserta dari enam Kecamatan di Kota Palembang yakni Sematang Borang, Gandus, Sako, Kalidoni, Alang-alang Lebar dan Jakabaring.

Plt. Kabag Kesra Pemkot Palembang Nur Ainun menjelaskan, sosialisasi ini ditujukan agar para pengurus rumah ibadah maupun lembaga keagamaan lainnya mengetahui mekanisme pengajuan untuk mendapatkan dana hibah.

“Saat ini mungkin sebagian masyarakat masih ada yang belum tahu mekanisme pengajuannya, untuk itulah kami sosialisasikan. Selain itu, kami juga menginformasikan kepada para peserta mengenai sistem pencairannya yang saat ini berada di BPKAD,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat penyaluran dana hibah ini salah satunya penyalurannya tidak boleh dilakukan secara rutin.

“Berdasarkan pengalaman, sejauh ini tidak ada kasus pegajuan secara berulang yang dilakukan oleh pihak masjid. Biasanya kalau mereka sudah dapat, mereka tidak mengajukan lagi. Meskipun begitu, peringatan ini perlu kami sampaikan lagi,” katanya.

Adapun jumlah anggaran yang digelontorkan Pemerintah kepada penerima dana hibah antara lain untuk Masjid berjumlah Rp. 20 Juta, Mushola berjumlah Rp. 15 Juta dan Majelis Taklim berjumlah Rp. 10 Juta.

“Anggaran yang berasal dari APBD ini akan diterima langsung oleh penerima hibah melalui transfer dari pihak bank,” katanya.

Nur Ainun berharap, dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan pengurus rumah ibadah dan majelis taklim di Kota Palembang dapat mengetahui prosedur apa saja yang harus dipersiapkan.

“Kita harap para pengurus rumah ibadah dan majelis taklim ini nanti juga dapat mempertanggungjawabkan laporannya secara benar mengenai penggunaan dana hibah ini,” pungkasnya.



Leave a Reply