Millenial Road Safety Festival : Halaman Parkir BKB Disesaki Peserta

Smart Palembang – Berlokasi di Taman Parkir 16 Ilir BKB acara akbar South Sumatera Millenial Road Safety Festival digelar dengan sangat meriah yang sebagian besar dipenuhi oleh kaum millennial pada Sabtu (09/03). Lapangan parkir sangat penuh sesak karena  jumlah peserta yang mengikuti acara ini melebihi dari jumlah yang mendaftar dan melebihi prediksi. Festival keselamatan berkendara mendapat sambutan luar biasa dari kalangan milenial, karena target peserta yang ditetapkan 100 ribu orang, realisasinya melampaui target.

Kemeriahan sangat kentara saat acara ini dipandu oleh artis ibu kota, Raffi Ahmad dan Yuki Kato. Perpaduan kocak antara Raffi Ahmad , Yuki Kato, Cek Daus dan Rozak ( red : Bik Cik Waya Waya ) menambah semarak acara Road Safety Festival . Andra  & TheBackbone menjadi pengisi panggung pertama dalam kemeriahan acara Road Safety Festival,  lagu yang dibawakan cukup banyak hingga menjelang pembukaan acara Road Safety Festival ini berlangsung. Sisi – sisi tiap sudut lapangan parkir  sangat padat dipenuhi oleh kaum millennial warga kota Palembang bahkan dari luar kota Palembang.

Pembukaan Deklarasi South Sumatera Millenial Road Safety Festival  dimulai pada pukul 08.24 WIB setelah beberapa saat iring – iringan mobil kepresidenan tiba di lapangan parkir 16 BKB setelah melewati Jembatan Ampera.

Presiden  RI langsung disambut oleh penampilan tari Gending Sriwijaya, Bujang Gadis Palembang dan dua ratusan kapal komunitas Jembatan Ampera.

Kedatangan Jokowi di sambut oleh pejabat pemerintahan Sumatera Selatan seperti Gubernur Sumatera Selatan , Herman Deru , Walikota Palembang , Harno Joyo, jajaran Polda Sumsel, Kodam II Sriwijaya, kodim Palembang , instansi pemerintah  dan pastinya kaum millennial kota Palembang.  Dalam acara ini ditampilkan testimoni dari warga kota Palembang yang telah mengalami kecelakaan lalu lintas dan berakibat diamputasinya salah satu bagian anggota tubuh, testimony tersebut ditampilkan dalam  media layar yang terpasang pada acara Road Safety Festival .Deklarasi Pelopor Keselamatan dibacakan dalam acara ini oleh sepuluh orang dari berbagai kalangan , ada tiga point utama dalam teks Pelopor Keselamatan yaitu Generasi Millenial ,generasi yang peduli keselamatan berlalu lintas, mendukung sepenuhnya perogram Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelencaran berlalu linta dan siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Dalam sambutanya Jokowi mengatakan agar kaum millennial bila akan berkendara jangan lupa untuk membawa SIM,STNK ,helm yang SNI dan tidak bermain handphone  saat berkendara  karena sangat berbahaya. Karena saat kita pergi, keluarga menunggu kita untuk tiba di rumah. Saat acara berlangsung ,peserta Road Safety Millenial  mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan Presiden RI,Joko Widodo, Beruntung Hendri  dan Joni Iskandar langsung bertanya jawab langsung dengan Presiden RI perihal acara South Sumatera Millenial Road Safety Festival.

Acara ini digelar dalam rangka gerakan sosial peningkatan disiplin dan ketertiban berlalu lintas untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas sebagian besar korban adalah anak muda atau kalangan milenial usia 16-30 tahun. Berdasarkan data, setiap tahun secara nasional terdapat 100 ribu korban kecelakaan lalu lintas, dan sekitar 30 ribu di antaranya meninggal dunia serta 70 persen korban adalah kalangan milenial. Program yang telah berjalan sejak beberapa tahun terakhir dengan dekade aksi keselamatan Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) belum membuahkan hasil sesuai dengan harapan.Jumlah korban kecelakaan lalu lintas meninggal dunia di Provinsi Sumsel ini dan secara nasional masih cukup tinggi, sementara target RUNK pada 2020 korban meninggal dunia bisa ditekan seminimal mungkin.



Leave a Reply