Jelang Ramadhan, Dinas Perdagangan Palembang Terus Pantau Harga Bahan Pokok

Smart Palembang – Beberapa hari memasuki Bulan Suci Ramadhan, membuat harga bahan pokok pangan dan sembako rumah tangga mengalami kenaikan. Kenaikan harga didominasi oleh bawang putih dan ayam.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang Herdayani mengatakan bahwa pihaknya Gubernur, Dinas Perdagangan Provinsi dan lainnya sudah melakukan pemantauan langsung ke pasar-pasar di Kota Palembang, Sabtu (27/04) kemarin.

“Memang ada kenaikan, tapi masih pada taraf wajar, seperti harga bawang putih yang mengalami kenaikan,” katanya, Kamis, (02/05).

Ia menambahkan, sejauh ini pihaknya telah bekerja sama dengan Satgas Pangan dari pihak Kepolisian serta tim Penanggulangan Inflasi Daerah yang dipimpin oleh Bank Indonesia (BI).

“Dengan sinergi ini, maka tugas kita itu mengawasi harga bahan pokok dan menjaga stabilitas harga serta ketersediaan nya, jangan sampai ada penimbunan nantinya. Pengawasan akan dilakukan setiap hari dan akan ada laporan online ke Kementerian dan Bank Indonesia sehinggga bisa di pantau,” katanya.

Ia juga menghimbau untuk para pedagang agar segera membeli bawang putih di distributor, dikarenakan harga jual sudah di tentukan.

“Untuk harga bawang putih, saat ini pedagang dapat membeli dengan harga Rp. 22.500,- perkilo, sehingga mereka tidak boleh menjual dengan harga lebih dari Rp. 30.000,- per kilonya kepada konsumen,” tutupnya.



Leave a Reply