IKM Go-Digital Berikan Kemudahan Bagi Para Pelaku IKM

Smart Palembang – Guna memotivasi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di sektor souvenir yang ada di Kota Palembang, Dinas Perindustrian Kota Palembang bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia akan menggagas E-Smart.

Raimond Lauri selaku Plt. Kadin Perindustrian Kota Palembang menjelaskan, di era globalisasi saat ini, para pelaku IKM juga harus berinovasi dalam hal pemasaran, untuk itu dengan adanya E-Smart yang digagas ini, diciptakanlah salah satu program yakni IKM Go-digital.

“Dalam program IKM Go-digital ini banyak sekali keuntungan-keuntungan yang akan didapat oleh para pelaku IKM yang ada di Palembang, salah satunya mempermudah promosi produk souvenir yang dimiliki pelaku IKM,” jelasnya, usai menghadiri Bimtek pembuatan souvenir berbahan baku kain khas Palembang tahun anggaran 2019 di Grand Atyasa, Kamis (15/08).

Raimond menambahkan, para pelaku IKM ini akan di data terlebih dahulu supaya bisa mengikuti program IKM Go-digital, selanjutnya produk-produk IKM yang sudah di data tadi dapat di promosikan melalui aplikasi olshop ternama di Indonesia.

“Hal ini sebagai wujud komitmen pemerintah untuk memotivasi para pelaku IKM khususnya di bidang souvenir supaya lebih meningkatkan produksinya dan terus berinovasi,” ujarnya.

Selain itu, untuk memotivasi para pelaku IKM di bidang souvenir, lanjut Raimond, Pemkot Palembang juga berencana akan membuat pusat souvenir/kerajinan tangan yang berlokasi di kawasan Sekanak.

“Nanti kedepannya kita akan bekerjasama dengan Perusahaan Pedagang Indonesia (PT.PPI) untuk mengisi kekosongan salah satu gedung di kawasan tersebut agar bisa dimanfaatkan untuk membangun pusat souvenir di Kota Palembang. Kita targetkan secepatnya, karena melihat aturan dan regulasi yang ada dulu,” tutupnya.



Leave a Reply