Hari Listrik Nasional ke-74 : Bersama SDM Unggul, Terangi Indonesia

Smart Palembang – Peringatan Hari Listrik Nasional ke-74 di wilayah kerja PLN dipusatkan di halaman kantor PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu di Jl.Kapten.A.Rivai No.37 Palembang ( 28/10).

Peringatan ke-74 ini dimaknai dengan Upacara Peringatan “Hari ListrikNasional yang ke-74” dengan tema “Bersama SDM Unggul, Terangi Indonesia”. Upacara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan ,MUSPIDA Provinsi Sumatera Selatan dan Kota Palembang, GM PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu , GM PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumbagsel, GM PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumbagsel, Seluruh pegawai, kayawan dan keluarga besar PT. PLN ,para tamu undangan investor, pelanggan besar, pelanggan premium dan pelanggan umum PT. PLN Wilayah Sumatera Selatan, mitra kerja dan Vendor PT.PLN.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Selatan mengatakan bersama SDM Unggul artinya Membangun pondasi sumberdayamanuasia yang  berkualitas, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Bukan hanya untuk membuat manusia menjadi pintar dan mampu berkarya, tetapi juga mencetak generasi berhati Indonesia dan berjiwa Pancasila, yang toleran, yang kokoh bergotongroyong. Memaknai Terangi Indonesia selaras dengan program Nawa Cita dari Presiden Republik Indonesia, “Indonesia Terang 2019” dengan perpaduan antara Pembiayaan, Pelaksanaan dan Pengelolaan infrastruktur Ketenagalistrikan untuk Indonesia Lebih Baik.

Listrik adalah salah satu pendorong perekonomian yang dapat mendorong perkembangan bagi suatu daerah. Ketersedian energi listrik akan meningkatkan investasi dan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur menambahkan Visi Pemerintah Sumatera Selatan saat ini untuk periode 5 (lima) tahun yang akan datang adalah “Sumsel Maju Untuk Semua” dan salah satu misi yang yang terkait dengan Sektor Ketenagalistrikan adalah membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, termasuk infrastruktur dasar guna percepatan pembangunan wilayah pedalamandan perbatasan, untuk mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah.

Secara umum kondisi ketenagalistrikan di Sumatera Selatan dalam keadaan baik, sumber listrik di Sumatera Selatan memang sangat besar dengan kapasitas terpasang pembangkit yang berada di Sumatera Selatan jumlahnya mencapai 2.168,44 MW (Mega Watt) berasal dari 18 pembangkit milik PLN dan IPP (Independent Power Producer). Namun  dengan Rasio Elektrifikasi 95,35 persen masih dibawah Rasio Nasional. Sedangkan kondisi Listrik Perdesaan mencapai 97,75 persen dan masih terdapat desa-desa yang belum menikmati aliran listrik.

Peringatan Hari Listrik Nasional ke-74 kali ini diisi juga dengan pelepasan Merpati dan Pemotongan Tumpeng.

Ditempat yang sama, Daryono selaku GM PT.PLN WS2JB dalam keterangannya kepada media mengatakan dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional, pegawai PLN harus meningkatkan kompetensi baik secara teknis atau non teknis , dan sesuai dengan tujuan dari Pemerintah Pusat mengenai rasio kelistrikan yang harus mencapai seratus persen. Daryono menambahkan seperti yang disampaikan Gubernur pada sambutannya, Sumatera Selatan masih mempunyai pekerjaan rumah yaitu belum maksimalnya kelistrikan terutama di daerah pedesaan dan ditargetkan di 2020 hal tersebut bisa tercapai. Kendala yang utama terlihat adalah desa yang berada dikawasan kehutanan yang belum teraliri listrik sedangkan kawasan di kehutanan tidak diperbolehkan adanya tiang listrik. Cara yang akan ditempu adalah dengan menggunakan tenaga surya. Selain itu kendala di daerah perairan . Di Sumatera Selatan terdapat tiga belas desa yang berada di daerah perairan seperti di daerah kabupaten OKU Timur dan kabupaten Banyuasin yang sulit dijangkau dengan aliran listrik PLN hal ini juga akan disolusikan dengan tenaga surya.

Dalam kesempatan ini juga , Daryono selaku GM PT.PLN WS2JB memberikan sertifikat pegawai berprestasi  dan wisuda punakarya dan penghargaan winduan pegawai PT.PLN.

 



Leave a Reply