DPKP Palembang Himbau Penyedia Hewan Qurban Perhatikan Kualitas Hewan

Smart Palembang – Dalam mendukung suksesnya pelaksanaan qurban pada tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang menggelar Workshop persiapan hewan qurban tahun 2020 di RM Sri Melayu, Rabu (23/10).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Ir Sayuti MM menjelaskan, berdasarkan hasil sidak-sidak yang dilakukan pihaknya menjelang Idul Adha kemarin, masih ditemukan beberapa penjual hewan qurban yang belum memenuhi syarat.

“Dari hasil sidak kemarin ditemukan beberapa penjual hewan qurban yang tidak memenuhi syarat khususnya syariat islam, dimana usia sapi yang dijual itu seharusnya berusia 2 tahun sedangkan untuk kambing berusia 1 tahun,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Sayuti, melalui Workshop yang rutin digelar tiap tahun ini diharapkan para pedagang dapat memperhatikan kualitas hewan qurban yang dijual diantaranya dari segi usia dan kesehatan hewan.

Selain itu, Sayuti menambahkan, dalam menyukseskan pelaksanaan qurban nanti pihaknya nanti akan bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam memberikan rekomendasi tempat membeli hewan qurban kepada para pembeli.

“Bersama MUI nantinya kami akan memberikan rekomendasi tempat penjualan hewan qurban yang sudah memenuhi standard dan sesuai dengan syariat Islam,” tutupnya.



Leave a Reply