Cegah Maraknya Golput, Kesbangpol Palembang Jelaskan Pentingnya Edukasi Politik

Smart Palembang – Jelang pemilu pada April mendatang, berbagai persiapan tengah dilakukan jajaran Pemerintahan Kota Palembang termasuk diantaranya memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula.

Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Palembang, Bambang Wicaksono mengatakan, wawasan politik sangat diperlukan bagi pemilih pemula, karena untuk tegaknya pemilu para pemilih pemula harus memiliki andil dalam demokrasi.

“Pemilih pemula ini harus diberi pemahaman dan wawasan yang benar, bahwa mereka itu memiliki andil dalam berdemokrasi agar tegaknya pemilu,” katanya, Grand Atyasa, Kamis (28/02).

Ia menambahkan, suatu kerugian apabila pemilih pemula masuk dalam jajaran Golput (Golongan Putih) atau tidak berpartisipasi dalam memilih.

“Dengan mereka masuk kedalam golput atau tidak berpartisipasi dalam memilih ini tentu akan menjadi kerugian. Bayangkan jika mereka tidak punya pengalaman tentang pemilu, namun di masa depan nanti mereka akan bertemu dengan pemilu dan menjadi pelaku demokrasi. Ini suatu kerugian jika mereka tidak memiliki edukasi politik,” tambahnya.

Untuk itu, dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilpres dan Pileg mendatang, lanjut Bambang, pihaknya selalu memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula khususnya para pelajar yang sudah memasuki umur sebagai pemilih.

“Dahulu kami sering terjun ke sekolah-sekolah untuk menjadi pembina acara, dan memberikan pendidikan dan wawasan tentang kebangsaan, partisipasi politik dan pemahaman tentang parpol,” tutupnya.



Leave a Reply