Catat !!! Selama 2 Bulan PDAM Tirta Musi Palembang Gratiskan Tagihan Rekening Pelanggan

Smart Palembang – Sebagai upaya mengurangi beban masyarakat di tengah wabah virus corona (COVID-19) Pemerintah Kota Palembang bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang mengeluarkan kebijakan yakni menggratiskan tagihan air PDAM.

Direktur PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, kebijakan ini hanya berlaku kepada pelanggan kategori tertentu yang sesuai dengan surat edaran Pemkot Palembang.

“Tagihan gratis untuk pelanggan kategori 1A, 1B, dan 1C sesuai dari surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemkot Palembang tentang insentif atau stimulus bagi pelaku usaha dan masyarakat di Palembang,” ungkapnya kepada Smart FM Palembang, Selasa (14/04).

Ia menambahkan, untuk kategori kelompok 1A yakni untuk ledeng umum, rumah yatim piatu dan hydrant. Lalu kategori 1B yakni untuk kantor yayasan yatim piatu, rumah jompo, pesantren, tempat ibadah dan badan sosial.

“Sedangkan untuk kategori pelanggan kelompok 1C, meliputi rumah susun sangat sederhana, kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan rumah sangat sederhana,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut Andi, kebijakan gratis ini hanya berlaku untuk rekening tagihan sedangkan untuk biaya Abodemen pelanggan harus tetap membayar.

“Kebijakan gratis ini hanya untuk rekening tagihan, untuk biaya Abodemen yang jumlahnya Rp. 10.100,- para pelanggan harus tetap bayar,” jelasnya.

Pihaknya mencatat, keseluruhan jumlah pelanggan yang diberi keringan berupa pembebasan tagihan rekening untuk bulan Mei dan Juni 2020 ini berjumlah sekitar 17 ribu pelanggan yang sudah terdata.

Ia pun berpesan kepada masyarakat kota Palembang untuk tetap mengikuti himbauan pemerintah terkait physical distancing dan tidak keluar rumah jikalau tidak terlalu penting.

“Pesan saya kepada masyarakat, tetaplah stay at home dan kami akan bekerja sekuat kami untuk terus menyuplaikan air di rumah anda.
Kemudian hindari berpergian dan tetap hemat air. Selain itu, kami juga sudah menambah senyawa disinfektan di kandungan air PDAM Tirta Musi Palembang, yang berguna untuk mensterilkan air dari virus dan bakteri,” tutupnya.

 

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Tribun Sumsel



Leave a Reply