BPS Edukasi Masyarakat Melalui Sensus Online

Smart Palembang – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan tetapkan penggunaan sensus online akan dimulai pada Februari-Maret 2020, sedangkan pelaksanaannya akan berlangsung pada Juli 2020.

Sensus online merupakan inovasi dari BPS melalui metode kombinasi yang dilakukan dengan menggunakan data dari Dukcapil.

“Jadi di sensus online ini kita meliterasi masyarakat melalui penggunaan teknologi, jadi masyarakat akan mengupdate sendiri data kependudukannya seperti akte kelahiran, akte kematian, perceraian dan lain-lain,” jelas Endang Tri Wahyuningsih selaku Kepala BPS Provinsi Sumsel saat ditemui di Seminar Hari Statistik Nasional, Harper Hotel, Rabu (25/09).

Endang menambahkan, sosialisasi kepada masyarakat akan terus dilakukan pihaknya supaya pada saat pelaksanaan sensus online nanti masyarakat sudah mengerti terkait program sensus online ini.

“Apalagi momen Hari Statistik Nasional yang jatuh besok (26/09) sangat tepat sekali untuk mempromosikan program sensus online ini. Selain itu, kami juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat mensukseskan sensus ini dengan memberikan data yang valid,” katanya.

Endang juga menambahkan, pada peringatan Hari Statistik Nasional nanti pihaknya berharap melalui inovasi yang diciptakan, kedepannya nanti masyarakat akan semakin sadar mengenai pentingnya statistik serta sensus berbasis registrasi akan segera terwujud.



Leave a Reply