Antisipasi Wabah Corona, RS Siloam Sriwijaya Aktif Lakukan Proses Screening

Smart Palembang – Beberapa pekan terakhir semenjak mewabahnya COVID-19 (virus corona) di Indonesia membuat lembaga-lembaga terkait segera mengambil tindakan cepat.

Dalam hal ini Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang mulai hari ini, Senin (09/03) melakukan proses screening di beberapa pintu masuk lokasi Rumah Sakit.

“Jadi pada hari ini RS Siloam Sriwijaya sudah membuka meja-meja screening di empat pintu masuk yang ada di RS Siloam Sriwijaya,” ujar Dr. Bona Fernando, Hospital Director RS Siloam Sriwijaya Palembang.

Ia menambahkan, bahwa proses screening tersebut dilakukan dalam langkah meningkatkan antisipasi terhadap para pasien, pegawai dan pengunjung yang berada di lokasi Rumah Sakit.

“Berdasarkan informasi yang kami dapat, hingga saat ini di Indonesia sudah ada 6 pasien yang positif terjangkit COVID-19, untuk itu langkah antisipasi membatasi pintu masuk dengan cara screening terus kami lakukan kepada setiap orang yang masuk,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada dasarnya pihaknya akan melakukan tindak lanjut saat proses screening apabila ditemukan dua gejala yang ada pada pasien Rumah Sakit.

“Gejala yang pertama apabila pasien tersebut menderita batuk, sesak nafas dan demam tinggi. Gejala kedua, jika pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit, maka besar kemungkinan pasien tersebut memiliki faktor resiko terjangkit COVID-19,” lanjutnya.

Untuk itu, Bona menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mengutamakan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi, perbanyak konsumsi air dan olahraga secukupnya.

Penulis : Fernando Oktareza

Sumber Foto : Fernando Oktareza



Leave a Reply